Sebagai contoh, perhatikan contoh objek TotalHarga pada kode program dibawah. Pada program ini memiliki atribut satuan dan harga. Tergantung pada desain digunakan, seperti contoh dibawah ini dengan memerlukan sebuah cara untuk menerima nilai-nilai atribut (DataPenjualan), menghitung total (HitungTotal), dan menampilkan hasil perhitungan total harga (Tampilkan).
Berikut adalah contoh kode program C# yang dimaksud dengan cara penulisan yang mendasar:
using System;
namespace AplikasiTotalHarga
{
class TotalHarga
{
// definisi variable
double jumlah;
double harga;
public void DataPenjualan()
{
jumlah = 12.5;
harga = 2500;
}
// Mengitung Total Harga
public double HitungTotal()
{
return jumlah * harga;
}
// Menampilkan Hasil Perhitungan
public void Tampilkan()
{
Console.WriteLine("Jumlah: {0}", jumlah);
Console.WriteLine("Harga: {0}", harga);
Console.WriteLine("Total: {0}", HitungTotal());
}
}
class EksekusiTotalHarga
{
static void Main(string[] args)
{
TotalHarga r = new TotalHarga();
r.DataPenjualan();
r.Tampilkan();
Console.ReadLine();
}
}
}
Ketika prorgam di atas dikompilasi dan dijalankan, maka akan menghasilkan tampilan sebagai berikut:
Jumlah: 12.5
Harga: 2500
Total: 31250
Kata Kunci using
Pernyataan pertama dalam setiap program C# adalah:
using System;
Kata kunci (keywords) using digunakan untuk memasukkan namespaces ke dalam program. Dalam sebuah program dapat memnggunakan satu atau lebih pernyataan using sesuai dengan kebutuhan program. Misalkan jika kita akan menggunakan namespaces yang berhubungan dengan Windows Form, maka kita harus manggunakan pernyataan using System.Windows.Forms;
Kata Kunci class
Kata kunci (keywords) class digunakan untuk mendeklarasikan sebuah class yang akan digunakan dalam program.Menulis Komentar (Remarks) di C#
Komentar digunakan untuk menjelaskan kode program yang disusun sehingga dalam melakukan debugging sebuah program akan lebih mudah daripada tanpa menggunakannya. Compiler akan mengabaikan Komentar tersebut. Komentar multiline dalam program C# dimulai dengan /* dan berakhir dengan karakter */ seperti contoh berikut di bawah ini:
/* Ini adalah contoh komentar multiline
Dalam Bahasa pemrograman C# */
komentar single-line atau 1 baris dituliskan dengan simbol //, seperti contoh berikut ini:
// Mengitung Total Harga
public double HitungTotal()
{
return jumlah * harga;
}
Variabel-Variabel
Variabel adalah sebuah atribut atau data yang merupakan anggota atau bagian class yang digunakan untuk menyimpan data. Pada contoh program diatas, class TotalHarga memiliki dua buah variabel dengan nama jumlah dan harga.Fungsi-Fungsi
Fungsi atau Function adalah sekelompok kode yang terdiri pernyataan-pernyatan yang berfungsi untuk melakukan tugas tertentu. Fungsi tersebut yang merupakan anggota class harus dideklarasikan di dalam class. Pada contoh class Rectangle mempunyai tiga buah anggota fungsi yaitu DataPenjualan, HitungTotal dan Tampilkan.Instantiating sebuah Class
Pada contoh program diatas, class EksekusiTotalHarga berisi metode Main() dan sebuah instantiates class TotalHarga.Identifier
Identifier adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah class, variabel, fungsi, atau item lain yang terdefinisi (user-defined item). Aturan dasar untuk penamaan tersebut dalam program C# adalah sebagai berikut:- Sebuah nama harus dimulai dengan huruf yang bisa diikuti dengan urutan huruf, angka (0 - 9) atau garis bawah (underscore). Karakter pertama dalam pengenal tidak bisa menggunakan angka.
- Tidak boleh menggunakan simbol-simbol seperti ? - +! @ #% ^ & * () [] {}. ; : " ' / Dan \ kecuali garis bawah (_) dapat digunakan.
- Tidak boleh menggunakan kata kunci (keywords) C#.
Kata kunci (Keywords) C#
Kata kunci adalah kata yang telah ditentukan oleh compiler C#. Kata kunci ini tidak dapat digunakan sebagai pengidentifikasian. Tetapi, jika ingin menggunakan kata kunci atau keywords tersebut sebagai pengidentifikasi, maka gunakan awalan karakter @ diikuti dengan kata kunci.Dalam bahasa C#, beberapa pengidentifikasi memiliki arti khusus dalam konteks kode, seperti get dan set yang disebut dengan kata kunci kontekstual.
Tabel berikut berisi daftar kata kunci reserved (Reserved Keywords) dan kata kunci kontekstual (Contextual Keywords) dalam bahasa C#:
Reserved Keywords
abstract | as | base | bool | break | byte | case |
---|---|---|---|---|---|---|
catch | char | checked | class | const | continue | decimal |
default | delegate | do | double | else | enum | event |
explicit | extern | false | finally | fixed | float | for |
foreach | goto | if | implicit | in | in (generic modifier) | int |
interface | internal | is | lock | long | namespace | new |
null | object | operator | out | out (generic modifier) | override | params |
private | protected | public | readonly | ref | return | sbyte |
sealed | short | sizeof | stackalloc | static | string | struct |
switch | this | throw | true | try | typeof | uint |
ulong | unchecked | unsafe | ushort | using | virtual | void |
volatile | while |
Contextual Keywords
add | alias | ascending | descending | dynamic | from | get |
---|---|---|---|---|---|---|
global | group | into | join | let | orderby | partial (type) |
partial (method) | remove | select | set |
Daftarkan email anda disini untuk berlangganan artikel kodiing
ConversionConversion EmoticonEmoticon