Tutorial 4 - Konsep Pemrograman VB6

Konsep Pemrograman VB6

Sebelum lebih lanjut melakukan pembahasan secara praktis dengan tutorial VB6, ada yang perlu anda pahami dengan seksama tentang konsep pemrograman VB6; karena dengan mengetahui konsep pemrograman yang benar diharapkan anda akan lebih mudah menerima dan menelaah pembelajaran yang dijabarkan dalam tutorial ini.

OOP (Object Oriented Programming)

Ada banyak penjelasan secara teknis tentang konsep pemrograman yang digunakan oleh VB6, tetapi dalam tutorial ini akan dijelaskan secara sederhana, sehingga diharapkan lebih mudah dipahami sebagai pemula; tetapi pada tingkat lanjutan atau mahir nanti akan dijelaskan ulang tentang konsep OOP tersebut secara ilmiah dan lebih detail setelah anda mengenal secara seksama tentang class, sehingga penjelasannya lebih tepat. Dengan menggunakan konsep OOP yang tepat, maka project yang anda susun akan lebih mudah dikembangkan, dipelihara dan cocok untuk diaplikasikan dalam sebuah sistem aplikasi yang besar.

OOP (Object Oriented Programming) adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada object, yang mana semua data dan fungsi dibungkus dalam kelas atau object. Object adalah komponen yang digunakan di dalam sebuah project atau bisa diartikan bahwa semua komponen yang digunakan dalam project adalah object; misalkan Form, TextBox, ComboBox dll.

Sebagai contoh gambaran tentang object adalah sebuah Mobil; Mobil terbentuk dari beberapa obeject atau komponen yang lebih kecil misalkan Roda, Mesin, Kursi dan lain-lain yang saling berinteraksi satu sama lain, sehingga object Mobil tersebut dapat berjalan dengan baik. Tentu disetiap object tersebut telah ditentukan karakteristiknya, aksi dari masing-masing object serta pekerjaan pada saat terjadi sesuatu; misalkan karakteristik Roda berwarna hitam, ukuran 17, aksi yang dilakukan adalah bisa diputar dan bisa direm, jika direm maka roda harus berhenti.

Demikian juga konsep program berorientasi pada object adalah sebuah project akan menghasil sebuah object yang cara pembuatannya berasal dari object-object lain yang saling berinteraksi berdasarkan kode program yang kita buat dan dalam VB ada 3 istilah yang harus dipahami sehubungan sebuah object yaitu:

  • Property
    Adalah karakteristik yang dimiliki sebuah object, sehingga setiap anda menunjuk sebuah object maka anda bisa mengatur property yang disediakan; dalam hal ini VB6 menyediakan dengan dua cara yaitu, Object Declare lewat Properties Box atau dengan cara Code Declare yaitu mengatur lewat kode program seperti dijelaskan pada tutorial sebelumnya. Jika anda ingin mengenali property apa saja yang ada dalam sebuah object, maka setelah anda tunjuk sebuah object maka anda focus pada Properties Box, maka didalam box tersebut akan ditampilkan seluruh property yang dimiliki. Cara yang lain jika sendainya anda akan mengatur property dengan Code Declare, maka anda bisa lakukan dengan cara seperti berikut ini:
    • Masuk ke Code design, dengan cara dobel klik form atau object yang lain.
    • Ketik salah satu nama object, kemudian ketik titik (.) maka akan tertampil property atau method dari object tersebut yang dapat anda pilih.
    • Icon Property menandakan sebuah property.
    • Icon Method menandakan sebuah method.
    • sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini:
      Object
  • Method
    Adalah aksi atau metode yang dapat dilakukan oleh sebuah object, misalkan pada object control ComboBox terdapat event Clear, AddItem, RemoveItem, SetFocus dll. Setiap object bisa mempunyai method sama bisa juga berbeda. Jika anda ingin mengenali Method apa saja yang ada dalam sebuah object, anda bisa lakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu, dengan Code Declare, maka anda bisa lakukan dengan cara seperti berikut ini:
    • Masuk ke Code design, dengan cara dobel klik form atau object yang lain.
    • Ketik salah satu nama object, kemudian ketik titik (.) maka akan tertampil property atau method dari object tersebut yang dapat anda pilih.
    • Icon Property menandakan sebuah property.
    • Icon Method menandakan sebuah method.
    • sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini:
      Object
  • Event
    Adalah kejadian yang dapat dialami oleh sebuah object, misalkan object Form mempunyai kejadian saat dipanggil (Load), saat di tutup (Unload), saat diklik dll. Untuk mengenali sebuah event dari sebuah object ada bisa lihat dari Code Declare dan anda pilih sebuah Object, maka disebelah kanan (pada ComboBox) dari Code form akan ditampilkan seluruh event yang dapat anda atur dengan kode program yang diinginkan; misalkan jika sebuah object Form di klik atau anda pilih method Click maka muncul kode program berupa procedure:

Private Sub Form_Click()
      'Kode program untuk Event Form Click
End Sub

Implementasi OOP

Bagaimana gambaran terhadap secara praktis dan nyata dalam mengaplikasikan konsep OOP dengan benar dan tepat, dan bagaimana jika anda tidak menggunakan konsep yang benar? Berikut contoh nyata yang bisa anda telaah sehingga selanjutnya anda harus menggunakan konsep OOP yang benar tersebut dan anda akan sangat diuntungkan.

Tanpa Konsep OOP
  • Misalkan dalam sebuah project sistem Inventory ada sebuah procedure sederhana yang harus anda lakukan yaitu "Pencarian Barang Berdasar Kode Barang". Anda pikirkan kira-kira ada berapa kali perintah pencarian tersebut dalam seluruh project sistem aplikasi akan dilakukan, sudah pasti banyak sekali mungkin sampai ratusan kali, mulai Pengolahan Master Barang, Transaksi Stok Opname, Transaksi Pembelian, Transaksi Penjualan dll.
  • Seandainya kode yang dituliskan pada setiap pencarian dalam program adalah seperti kode program berikut ini:

    Dim oCmd As New ADODB.Command
    Dim oResult As New ADODB.Recordset
    
    oCmd.ActiveConnection = oConnection.Server
    oCmd.CommandType = adCmdText
    oCmd.CommandText = "SELECT * FROM MasterBarang WHERE KodeBarang = ? "
    oCmd.Parameters(0) = txtKodeBarang.Text
    Set oResult = oCmd.Execute
    If Not oResult.EOF Then
          txtNamaBarang.Text = oResult!NamaBarang
          
          'Kode program selanjutnya
    End If
  • Maka pada setiap pencarian anda harus selalu menuliskan kode program seperti contoh diatas. Coba anda bayangkan seandainya terjadi perubahan query pencarian, maka anda harus merubah program disemua kode program yang menggunakan prosedur pencarian tersebut.

Dengan Konsep OOP
  • Dari contoh di atas, seandainya anda menggunakan konsep OOP, maka anda bisa lakukan dengan cara membuat prosedure "Pencarian Barang Berdasar Kode Barang" ke dalam sebuah object class MasterBarang, dengan procedure seperti berikut ini:

Public Function FindByKodeBarang(oConnection As Object) As Boolean
    Dim oCmd As New ADODB.Command
    Dim oResult As ADODB.Recordset

    oCmd.ActiveConnection = oConnection
    oCmd.CommandType = adCmdText
    oCmd.CommandText = "SELECT * FROM FILEBARANG WHERE KodeBarang = ? "
    oCmd.Parameters(0) = Fields.KodeBarang
    Set oResult = oCmd.Execute

    If Not oResult.EOF Then
       Fields.KodeBarang = Trim(oResult!KodeBarang)
       Fields.NamaBarang = Trim(oResult!NamaBarang)
       Fields.Satuan = Trim(oResult!Satuan)
       FindByKodeBarang = True
    Else
       FindByKodeBarang = False
    End If

    oResult.Close
End Function
  • Maka setiap dilakukan pencarian master barang berdasar kode barang pada kode program cukup anda tuliskan perintah seperti berikut ini:

    Dim oMasterBarang As New  CLSMASTER.MasterBarang
    
    oMasterBarang.Fields.KodeBarang = txtKodeBarang.Text
    If oMasterBarang.Find(oConnection.Server) Then
       txtNamaBarang.Text = oMasterBarang.Fields.NamaBarang
    End If
  • Dengan demikian tingkat kemudahan dalam melakukan pencarian sangat baik dan validasi akan penulisan perintah yang salah dapat diminimalkan.

Nah dari penjelasan sederhana diatas, maka diharapkan anda sudah memahami konsep pemrograman VB6; yang mana pada penjelasan selanjutnya di tutorial tingkat lanjutan atau mahir, anda bisa memahami bagaimana seandainya anda sendiri yang akan menciptakan sebuah object tersebut, sehingga tidak sekedar anda bisa menggunakan saja object dari yang telah disediakan tetapi juga mampu menciptakan sebuah object yang mempunyai Property, Method dan Event.

Dari semua object yang digunakan dalam sebuah project harus mempunyai nama yang unik (tidak boleh kembar). Pembahasan tentang tentang bagaimana pemberian nama yang baik dan tepat akan dibahas pada tutorial selanjutnya.

TIP
Jangan meremehkan sebuah konsep sekalipun konsep tersebut sangat sederhana; jika konsep tersebut adalah yang peling benar dan tepat, maka implementasi pemrograman pada sistem yang sebenarnya akan sangat membantu anda.
Previous
Next Post »