Tutorial 5 - Variabel dan Konstanta VB6

Variabel dan Konstanta VB6

Dalam membuat program data adalah merupakan hal pokok yang harus anda pelajari terlebih dahulu, sehingga dalam menentukan sebuah variabel atau konstanta anda tidak akan terjebak dengan keharusan merubah jenis atau tipe data tersebut yang diakibatkan nilai dari data tidak tercakup dalam sebuah variabel yang telah ditentukan dalam program. Misalkan anda menentukan sebuah jenis data Integer, ternyata dalam proses aplikasi melakukan proses data tersebut dengan nilai lebih dari 37767, sehingga akan mengakibatkan error program dan terpaksa anda harus merubah jenis data tersebut menjadi Long Integer.

Data

Data adalah sebuah nilai yang diberikan kedalam sebuah kode program baik berupa variabel, konstanta, property dll. Banyak sekali kriteria data yang bisa digunakan dalam pemrograman, mulai dara karakter, numeric, boolean dll.

Tipe Data

Untuk itu anda harus memahami terlebih dahulu tipe data yang dapat digunakan dalam VB6, sehingga dalam menentukan dan mengaplikasikan jenis data yang akan anda gunakan dalam kode program tidak terjadi kendala.

Tipe Penjelasan Kapasitas
Integer Tipe data numeric berupa bilangan bulat (integer) dengan besar penyimpanan 16 bit atau 2 bytes. -32.768 s/d 32768
Long Tipe data numeric berupa bilangan bulat (Long integer) dengan besar penyimpanan 32 bit atau 4 bytes. -2.147.483.648 s/d 2.147.483.648
Byte Tipe data numeric berupa bilangan postif dengan besar penyimpanan 8 bit atau 1 byte. 0 s/d 255
Single Tipe data numeric berupa bilangan bebas (bulat dan pecahan) single precision dengan besar penyimpanan 4 bytes. Negatif: -3,402823E38 s/d -1,401298E-45
Positif: 1,401298E-45 s/d 3,402823E38
Double Tipe data numeric berupa bilangan bebas (bulat dan pecahan) double precision dengan besar penyimpanan 8 bytes. Negatif: -1.79769313486232E+308 s/d -4.94065645841246544E-324
Positif: 4.94065645841246544E-324 s/d 1.79769313486232E+308
Currency Tipe data numeric berupa bilangan bebas (bulat dan pecahan) dalam format fixed-point dengan besar penyimpanan 8 bytes. 922.337.203.685.477,5808 s/d -922.337.203.685.477,5807
Boolean Tipe data numeric berupa bilangan bulan (integer) yang hanya bernilai 0 dan -1 (True dan False) dengan besar penyimpanan 1 bit. True atau False
String Tipe data karakter yang berformat Unicode dengan besar penyimpanan 32 bit. Semua jenis karakter unicode
Date Tipe data numeric yang dikonversikan kedalam tanggal (date) dengan besar penyimpanan 8 bit. 1 Januari 100 s/d 31 Desember 9999
Object Tipe data abstract yang berupa object yang dilewatkan dalam sebuah reference, misalkan object Form, Class dll. -
Variant Tipe data tersebut adalah tipe yang belum diketahui jenisnya, sehingga dapat digunakan untuk semua tipe data. Besar penyimpanan 16 bytes. -

Variabel

Variabel adalah tempat penyimpanan data dalam memory yang ditentukan namanya. Jenis variabel adalah sama dengan tipe data yang akan ditampung dan harus didefinisikan terlebih dahulu dengan sebuah nama, yang mana nama dari variabel tersebut tidak boleh sama dengan salah satu perintah dalam VB6.

Cara mendefinisikan variabel dalam VB6 adalah dengan menggunakan 3 perintah Dim, Public atau Static dengan menyebutkan jenis data apa yang akan disimpan kedalamnya. Bentuk umum cara penulisan variabel adalah:


Public [nama_variabel] AS [Tipe_Data]
Dim [nama_variabel] AS [Tipe_Data]
Static [nama_variabel] AS [Tipe_Data]

Sebagai contoh anda mendefinisikan 3 variabel:

Public oConnection As Object
Dim NamaBarang As String
Static Kounter As Integer

Ruang Lingkup Variabel

Pada saat anda mendefinisikan sebuah variabel tentu anda sudah berfikir scope atau ruang lingkup dari sebuah variabel akan aktif sampai dimana, lokal yang artinya hanya aktif di dalam procedure atau publik/global yang akan selalu aktif dimanapun berada.

  • Variabel Global
    Variabel ini mempunyai ruang lingkup di seluruh project, jadi jika didefinisikan sebagai variabel global maka akan selalu aktif dimanapun berada. Untuk mendefinisikan variabel global ini dilakukan dengan memberi perintah Public pada saat mendefinisikan; seperti contoh berikut ini:

Public KodeBarang As String
Public NamaBarang As String

  • Variabel Lokal Dinamis
    Variabel ini mempunyai ruang lingkup hanya pada sebuah procedure, sehingga setelah anda memproses procedure lain variabel tersebut tidak aktif. Karena bersifat dinamis maka setiap kali kita memproses ulang procedure ini, maka variabel akan bernilai kosong (empty). Untuk mendefinisikan variabel lokal dinamis ini dilakukan dengan memberi perintah Dim pada saat mendefinisikan; seperti contoh berikut ini:

Private Sub Command1_Click()
Dim KodeBarang As String
Dim NamaBarang As String
Dim HargaJual As Currency

...........

End Sub

  • Variabel Lokal Statis
    Variabel ini mempunyai ruang lingkup hanya pada sebuah procedure, sehingga setelah anda memproses procedure lain variabel tersebut tidak aktif, tetapi karena bersifat statis maka setiap kali kita memproses ulang procedure ini, maka variabel akan bernilai sesuai dengan nilai terakhir diproses. Jenis variabel lokal statis ini biasanya digunakan untuk counter sebuah perulangan dan untuk mendefinisikan variabel lokal statis ini dilakukan dengan memberi perintah Static pada saat mendefinisikan; seperti contoh berikut ini:

Private Sub Command1_Click()
Static nCounter As Integer

nCounter = nCounter + 1
MsgBox nCounter

...........

End Sub

Option Explicit

Dalam membuat kode program yang baik dan berorientasi pada object, maka sebaiknya secara dini anda sudah memikirkan variabel-variabel yang akan digunakan dalam kode program; hal ini dilakukan karena jangan sampai anda terlalu banyak menggunakan variabel sebarangan. Dalam VB6 untuk menghindari agar setiap variabel yang akan digunakan harus didefinisikan, maka dalam kode program anda berikan perintah Option Explicit pada kode program paling atas.

Konstanta

Konstanta adalah nama semacam variabel yang digunakan untuk memasukkan data yang tidak dapat anda ubah nilainya. Anda tidak dapat memasukkan nilai baru atau mengubah nilainya saat program dieksekusi seperti yang dapat anda lakukan dalam variabel.

Terdapat 2 jenis konstanta yaitu:

  • Konstanta Intrinsik adalah konstanta yang telah disediakan oleh aplikasi dan kontrol yang ada dalam VB6, misalnya vbRed, vbKeyF10, vbTileVertical dll.
  • Konstanta Symbolic atau User-Defined, yaitu konstanta yang dideklarasikan sendiri oleh user dengan menggunakan statemen Const, sebagai contoh perhatikan kode program dibawah ini:

Private Const vbPembelian = 0
Private Const vbPenjualan = 1
Dari contoh kode program deklarasi konstanta di atas, maka setiap anda menyebutkan nama konstanta vbPembelian atau vbPenjualan akan dianggap sebagai nilai yang didefinisikan; vbPembelian dianggap angka 0 dan vbPenjualan dianggap angka 1. Jika anda medeklarasikan sebuah konstata dalam dalam object form, anda hanya bisa menggunakannya dalam ruang lingkup Dim atau Private; tetapi jika anda mendefinisikan dalam Module atau Class, maka dapat mendefinisikan dengan ruang lingkup Public selain Dim atau Private.

Penggunaan konstanta khususnya Konstanta Symbolic biasanya adalah jika dalam sebuah project yang anda susun ada beberapa data yang bernilai tetap dan anda ingin untuk mengingatnya bukan sebagai nilai tetapi cukup diwakilkan kepada sebuah konstanta, sehingga akan lebih untuk mengingat-ingat; sebagai contoh, anda mempunyai sebuah data Jenis Transaksi yang mana jenis transaksi tersebut ditentukan jika 0 adalah vbPembelian, jika 1 adalah vbPenjualan dst. Maka untuk mudah mengingat setiap ingin menyebut nilai jenis transaksi 0 adalah vbPembelian dan 1 adalah vbPenjualan, anda cukup membuat kode dengan vPembelian atau vPenjualan. Perhatikan contoh kode program dibawah ini, melanjutkan contoh dalam deklarasi konstanta di atas:


If cboJenisTransaksi.ListIndex = vPembelian Then 
MsgBox "Jenis Transaksi Pembelian"
Else
If cboJenisTransaksi.ListIndex = vPenjualan Then
MsgBox "Jenis Transaksi Penjualan"
Endif
Endif

TIP
Gunakan variabel sedikit mungkin sesuai dengan kebutuhan, karena semakin banyak anda menggunakan variabel akan menambah beban dalam mengingat pada saat melakukan pembuatan program.
Previous
Next Post »