Tutorial 8 - Procedure VB6

Procedure VB6

Dalam membuat program VB6 ada sesuatu yang anda selalu gunakan yaitu Procedure. Dalam tutorial ini akan dibahas secara lengkap tentang bagaimana membuat dan menggunakan procedure di dalam VB6.

Procedure

Procedure adalah sekelompok statement atau pernyataan VB6 yang dideklarasikan dengan statement Function, Sub, Get atau Let dan diakhir dengan pernyataan End. Semua pernyataan executable harus didefinisikan dalam blok procedure.

Nah, berarti selama ini apakah anda sudah menggunakan procedure? Jawabnya adalah Ya, anda sudah menggunakan procedure. Karena dalam kode program VB6 yang berupa pernyataan perintah harus dituliskan dalam sebuah procedure; misalkan sebuah event Command1_Click, akan membentuk sebuah procedure yang sering disebut dengan Event Procedure, seperti contoh kode program berikut ini:


Private Sub Command1_Click()
MsgBox "Tampil kotak pesan Event Button Click"
End Sub

Selain dari semua procedure yang terbentuk secara otomatis pada saat anda melakukan penulisan kode program yang memproses sebuah event object, anda juga bisa mendefinisikan atau membuat sendiri event tersebut yang dalam pemrograman disebut General Procedure. Sebagai contoh perhatikan procedure yang berfungsi untuk menjumlahkan duaa buah nilai angka sebagai berikut:


Private Function Penjumlahan(Nilai1 As Single, Nilai2 As Single) As singe
Penjumlahan = Nilai1 + Nilai2
End Function

Procedure dapat dituliskan di semua code object, baik itu Form, Module, Class, UserControl atau PropertyPage. Pada tutorial ini untuk sementara akan lebih di fokuskan pada object Form dan Module terlebih dahulu sehingga akan tampak lebih sederhana; untuk object lain seperti Class, UserControl dan PropertyPage akan dibahas tersendiri dalam tutuorial berikutnya. Hanya perlu anda ketahui bahwa cara penulisan di semua Code Object adalah sama.

Deklarasi Procedure

Untuk mendekarasikan atau membuat procedure, cara yang dilakukan adalah seperti berikut ini:


[Scope] [Function|Sub|Get|Let/Set] [Nama_Procedure]([Argumen]) {As [TipeData]} 
... kode program ...
End [Function/Sub/Get/Let]

Dari cara penulisan di atas, maka dapat kita tentukan Scope atau riang lingkup dari procedure yang anda buat, yaitu:

  • Private
    Scope atau ruang lingkup dari procedure tersebut hanya bisa diakses dalam modul dimana procedure tersebut dibuat.

  • Public
    Scope atau ruang lingkup dari procedure tersebut bisa diakses dari seluruh project.

Statement atau pernyataan setelah anda tentukan scope dari procedure adalah sebuah perintah yang berfungsi untuk mendefinisikan jenis dari procedure tersebut, yang dapat anda gunakan yaitu terdiri dari 4 statement yaitu:

  • Function
    Mendefinisikan sebuah procedure sebagai fungsi yaitu, procedure yang akan mengembalikan nilai balik dari proses yang dilakukan oleh procedure tersebut; misalkan anda membuat sebuah procedure untuk menghitung sebuah penjumlahan dua buah nilai dan hasil dari perhitungan akan dikembalikan sebagai sebuah data yang akan ditangkap oleh variabel, seperti contoh berikut ini:

Private Function Penjumlahan(Nilai1 As Single, Nilai2 As Single) As singe
Penjumlahan = Nilai1 + Nilai2
End Function
Private Sub Button1_Click()
Dim HasilPerhitungan As Single

HasilPerhitungan = Penjumlahan(100, 200)
MsgBox(HasilPerhitungan)
End Sub

  • Sub
    Mendefinisikan sebuah procedure sebagai sub procedure yaitu, procedure yang akan melakukan proses tertentu tanpa mengembalikan sebuah nilai balik. Sebagai contoh misalkan anda akan menampilkan sebuah nilai hasil penjumlahan dua buah nilai dan akan di tampilkan hasil dari perhitungan tersebut, seperti contoh berikut ini:

Private Sub Penjumlahan(Nilai1 As Single, Nilai2 As Single)
Dim HasilPerhitungan As Single

HasilPerhitungan = Nilai1 + Nilai2
MsgBox HasilPerhitungan
End Function
Private Sub Button1_Click()
HasilPerhitungan = Penjumlahan(100, 200)
End Sub

  • Let/Set dan Get
    Statement Let/Set dan Get digunakan untuk mendefinisikan sebuah propert. Khusus untuk procedure property tersebut akan dibahas tersendiri dalam tutorial selanjutnya.

Parameter

Banyak procedure dibuat agar menjadi dinamis, artinya bahwa anda bisa memasukkan atau melewatkan data sebagai parameter dalam procedure dengan tujuan hasil proses yang dilakukan sesuai dengan input yang dilewatkan, untuk itulah maka anda harus menggunakan parameter yang disebut dengan argumen. Untuk menentukan argumen dalam procedure ada 2 cara yaitu:

  • ByRef
    Secara default argumen yang dimasukkan adalah bersifat referensi. Anda dapat menggunakan statement ByRref diikuti nama argumen dan tipe yang dimaksud atau cukup menuliskan nama argumen dan tipe tanpa ByRef akan dianggap sebagai maksud yang sama. Karena sebagai referensi, maka setiap memanggil procedure tersebut anda harus menggunakan parameter yang bertipe sama dengan argumen dalam procedure.

  • ByVal
    Argumen dengan ByVal digunakan jika parameter yang akan anda lewatkan pada saat memanggil procedure tersebut kemungkinan tidak sama tipenya dengan argumen, sehingga parameter yang dilewatkan akan diubah tipe nya oleh VB secara otomatis. Digunakan statement ByVal diikuti nama argumen dan tipe yang dimaksud. Penggunaan statement ByVal ini biasanya dilakukan pada argumen yang bertipe Numeric. Perhatikan contoh penggunaan argumen dengan ByVal berikut ini:

Private Function Penjumlahan(Nilai1 As Single, Nilai2 As Single) As Single
Penjumlahan = Nilai1 + Nilai2
End Function
Private Sub Perkalian(Nilai1 As Single, Nilai2 As Single)
MsgBox (Nilai1 * Nilai2)
End Function
Private Sub Button1_Click()
Dim HasilPerhitungan As Single
'Cara Pemanggilan Benar
HasilPerhitungan = Penjumlahan(100, 200)
Call Perkalian(100, 200)
'Cara Pemanggilan Salah
HasilPerhitungan = Call Penjumlahan(100, 200)
MsgBox (Call Perkalian(100, 200)) End Sub

Memanggil Procedure

Untuk memanggil sebuah procedure dilakukan dengan cukup menyebutkan nama procedure, atau menggunakan statement Call. Khusus jika menggunakan Call, hanya bisa dilakukan jika anda tidak menggunakan nilai balik dari procedure untuk ditampung baik dalam variabel atau perintah lainnya. Sebagai contoh perhatikan kode program cara memanggil procedure berikut ini:


Private Sub Command1_Click()
Dim a As Single
Dim b As Single
Dim hasil As Integer

a = 10.5
b = 5.25
hasil = Hitung(a, b)
MsgBox hasil 'Dihasilkan Nilai 15, karena setelah dilewatkan sebagai argumen, data a dan b akan diubah menjadi tipe integer
End Sub


Private Function Hitung(ByVal a As Integer, ByVal b As Integer) As Integer
Hitung = a + b
End Function

Jika adalam membuat sebuah procedure anda perlu memperhatikan tentang scope atau ruang lingkup pekerjaan dari procedure tersebut, bukan hanya sekedar Private atau Public, tetapi anda harus bisa menentukan apakah procedure tersebut akan digunakan dalam ruang lingkup modul/form atau dalam satu project atau mungkin akan digunakan untuk project-project lain.

Jika memang scope atau ruang lingkup hanya pada modul, maka anda bisa membuat procedure seperti event procedure, tetapi kalau memang procedure tersebut mempunyai ruang lingkup seluruh project, maka sebaiknya anda susun procedure-procedure tersebut ke dalam wadah tersendiri yang dalam VB6 menggunakan sebuah Module.

Untuk membuat modul anda cukup lakukan dengan menu Project - Add Module, setelah tertampil dialog seperti gambar dibawah, tekan tombol OK.
Add Module
Maka akan tertampil kotak module yang selanjutnya anda bisa membuat procedure-procedure yang anda inginkan.

TIP
Jika setiap procedure yang anda buat lebih sering digunakan atau dipanggil oleh kode program dalam project, maka procedure anda lebih efisien; berikan tugas dalam procedure lebih banyak, sehingga anda dapat menggunakan procedure tersebut dalam beberapa tugas.
Previous
Next Post »