Tutorial 7 - User-Defined Type dan Enumerasi VB6

User-Defined Type dan Enumerasi

Selain menggunakan kontanta dan variabel seperti yang telah dibahas di Tutorial -5, dalam VB6 juga menyediakan sebuah cara yang bisa anda pakai untuk membuat sendiri sebuah tipe data yang terstruktur, yang sering disebut dengan UDT (User-Defined Type).

UDT (User-Defined Type)

User-Defined Type adalah sebuah tipe data yang terdiri dari struktur-struktur data dan membentuk sebuah tipe data tersendiri sesuai dengan yang didefinisikan, Misalkan anda akan membuat sebuah tipe data Identitas Customer, yang mana data tersebut terdiri dari KodeCustomer, NamaCustomer, Alamat dan PlafonKredit dengan menggunakan nama tipe udtIdentitasCustomer.

Hal ini dapat digambarkan sebagai sebuah Record, yang mana pada setiap record terdapat beberapa Fields sesuai dengan identitas dan jenis datanya; atau seperti sebuah struktur tabel pada database.

Untuk mendefinisikan User-Defined Type, digunakan perintah dengan penulisan seperti berikut ini:

Private Type [Nama_Record]
    [Nama_Fields_1] As [Tipe_Data]
    [Nama_Fields_n] As [Tipe_Data]
    .....
End Type

Sebagai contoh perhatikan kode program cara mendefinisikan User-Defined Type:

Private Type udtIdentitasCustomer
    KodeCustomer As String
    NamaCustomer As String
    AlamatCustomer As String
    PlafonKredit As Currency
End Type

Dan untuk menggunakannya, anda cukup mendeklarasikan sebuah variabel dan tentukan tipe nya menggunakan  User-Defined Type yang telah anda definisikan, seperti contoh berikut ini:

Dim Data As udtIdentitasCustomer

Data.KodeCustomer = "C-0001"
Data.NamaCustomer = "PT. Jaya Abadi"
Data.AlamatCustomer = "Jl. Melawai No 20 Jakarta"
Data.PlafonKredit = 10000000

Enumerasi

Enumerasi adalah sebuah cara mendefinisikan sebuah konstanta secara hirarki atau urutan (hampir sama dengan UDF) konstanta sesuai definisi data yang ditentukan. Enumrasi ini biasanya digunakan untuk mewakili sebuah nilai berurutan misalkan ListIndex dari ComboBox, sehingga memudahkan dalam membuat kondisi dalam sebuah ekspresi.

Sebagai contoh seandainya anda mempunyai sebuah ComboBox yang berisikan daftar jenis penjualan yang terdiri dari urutan Penjualan Retail, Penjualan Tempo dan Penjualan Konsinyasi; maka nilai ListIndex ComboBox tersebut adalah 0 mewakili jenis penjulan retail, 1 mewakili jenis penjualan tempo dan 2 mewakili jenis penjualan konsinyasi. Maka daripada mengingat nilai 0, 1 dan 2, akan lebih mudah seandainya anda menggunakan konstanta uPenjualanRetail, uPenjualanTempo dan uPenjualanKonsinyasi.

Untuk mendefinisikan Enumerasi, digunakan perintah dengan penulisan seperti berikut ini:

Private Enum [Nama_Tipe_Konstanta]
    [Nama_Konstanta1] = [Data/Value]
    [Nama_Konstantan] = [Data/Value]
    .....
End Enum

Sebagai contoh perhatikan kode program cara mendefinisikan Enumrasi:

Private Enum eJenisPenjualan
    ePenjualanRetail = 0
    ePenjualanTempo = 1
    ePenjualanKonsinyasi = 2
End Enum

Dan untuk menggunakannya, anda cukup mendeklarasikan sebuah variabel dan tentukan tipe dengan menggunakan Enumerasi yang telah anda definisikan, seperti contoh berikut ini:

Dim ListJenisPenjualan As eJenisPenjualan

ListJenisPenjualan = cboJenisPenjualan.ListIndex
If ListJenisPenjualan = ePenjualanRetail Then
......
End If

If ListJenisPenjualan = ePenjualanTempo Then
......
End If

If ListJenisPenjualan = ePenjualanKonsinyasi Then
......
End If

TIP
Jika memungkinkan anda menggunakan tipe data User-Defined Type atau Enumerasi, maka lakukanlah; karena dengan menggunakan tipe data seperti itu, akan sangat membantu anda menghemat ingatan anda akan nama-nama variabel yang akan disebut disetiap kode program.
Previous
Next Post »