Tentang PHP

Dasar Penulisan PHP PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa open source scripting dengan banyak tujuan yang bisa digunakan dan sangat cocok untuk pengembangan/pembuatan web dan dapat ditanamkan (embedded) ke dalam HTML.

Sebenarnya sudah hampir semua pengembang web sudah mengetahui tentang PHP secara umum, tetapi tidak ada salahnya akan kami bahas lagi secara mendalam tentang PHP.


<!DOCTYPE HTML>
<html>
    <head>
        <title>Example</title>
    </head>
    <body>

        <?php
            echo "Selamat Datang di PHP!";
        ?>

    </body>
</html>

Perhatikan contoh kode program HTML yang didalamnya tertanam (Embedded) kode script dari PHP. Jika kode program HTML diatas dijalankan maka akan tertampil tulisan "Selamat Datang di PHP!". Secara jelas bahwa penulisan kode pada PHP menggunakan instruksi atau tag awalan <?php dan akhiran ?>. Kita memberikan instruksi penulisan dengan diantara tag tersebut.

Untuk perintah-perintah dalam PHP nanti akan dibahas secara lengkap berikut contoh-contoh yang bisa langsung anda aplikasikan.

Yang membedakan PHP dengan JavaScript adalah dari sisi klien yang mana kode PHP akan dijalankan di server dan menghasilkan HTML yang kemudian dikirim ke klien. Klien akan menerima hasil dari menjalankan script tersebut, tapi tidak akan tahu apa kode yang mendasari itu (tersembunyi). Anda bahkan dapat mengkonfigurasi server web Anda untuk memproses semua file HTML Anda dengan PHP, dan user benar-benar tidak akan tahu kode apa yang digunakan dalam PHP tersebut.

Hal-hal terbaik dalam menggunakan PHP adalah bahwa PHP adalah sangat sederhana khususnya untuk pendatang baru, tapi menawarkan banyak fitur canggih untuk programmer profesional.

Web Server PHP

Saat ini hampir semua web server yang mengakomodasi untuk bisa menjalankan PHP, baik platform OS Windows, Mac OS, Linux dan lain-lain. Yang paling terkenal adalah Apache.

Bagi pada pengembang pemula ataupun profesional yang ingin mengintall web server dengan tidak membutuhkan server tersendiri dan cukup diinstal didalam PC/Laptop (Stand Alone), bisa menggunakan tools XAMPP yang sangat mudah untuk proses installnya. XAMPP bisa dijalankan di OS Windows, Lunux dan Mac OS X dan bisa download gratis XAMPP disini.
Previous
Next Post »