Gunakan Bandwith Kecil untuk Menguji Kehandalan Program

Bandwith Limiter
Dalam melakukan koding program aplikasi, khususnya yang menggunakan database tentu kebutuhan akan kecepatan program dalam mengakses data dari service database akan sangatlah mutlak. Sehingga kehandalan program anda akan benar-benar diakui keampuhannya dalam hal kecepatan.

Terlepas dari desain sistem dan kegunaan dari pemakai program aplikasi yang anda buat, dengan semakin banyak pemakai dan semakin besar data yang diolah oleh mesin database, diharapkan program apllikasi anda akan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan kecepatan akses database.

Prinsip yang dianjurkan
Dari pembuat bahasa pemrograman (apakah VB, Delphi, PHP atau apapun bahasanya) tentu selalu akan memberikan tuntunan bagaimana koding yang baik dalam segala hal, termasuk koding dalam koneksi database, Input dan Output data dan lain-lain. Jika anda menggunakan sesuai dengan tuntunan yang diberikan oleh vendor dari bahasa pemrograman, maka secara umum anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Desain Database
Selain secara teknis tentang koding yang sesuai tuntunan di atas, tentu anda juga harus memperhatikan cara menyusun struktur tabel dalam database yang digunakan, sehingga program baik cara penambahan data (Add), edit data (Update), hapus data (Delete) dan pengambil data untuk laporan (Recordset) bisa berjalan dengan maksimal. Ada beberapa contoh dalam Blog ini tentang contoh sederhana dalam menyusun atau desain tabel database, seperti:
Dari contoh dalam artikel ini mungkin bisa memberi gambaran secara umum dalam menyusun atau mendesain tabel dalam database yang lebih baik dan praktis.

Ujilah Program Anda dalam Bandwidth yang Kecil
Langkah terakhir setelah selesai anda melakukan koding, ujilah kecepatan input dan output dalam menyimpan dan mengampil data dari program anda dengan menggunakan Bandwidth yang kecil. Sehingga pada saat implementasi dengan Bandwidth yang besar tidak akan terjadi kendala.

Cara yang paling mudah dalam membatasi Bandwidth jaringan anda, anda bisa menggunakan tools dari pihak ketiga yang banyak beredar dipasaran, seperti NetBalancer, NetLimiter atau net-peeker dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunduh (download) tools tersebut di website berikut ini:
Dari pengalaman saya dengan 3 teknik tersebut diatas, saya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »