Tutorial 11 - Event dan Method VB6

Procedure VB6

Walaupun telah dijelaskan secara definitif tentang Event dan Method pada tutorial-4 yang berjudul "Konsep Pemrograman VB6", tetapi khusus pada tutorial ini akan dibahas secara lengkap tentang konsep Event dan Method berikut fungsi dan penggunaannya dalam program.

Event

Adalah kejadian yang dapat dialami oleh sebuah object, misalkan object Form mempunyai kejadian saat dipanggil (Load), saat di tutup (Unload), saat di-klik dll. Untuk mengenali sebuah event dari sebuah object ada bisa lihat dari Code Declare dan anda pilih sebuah Object, maka disebelah kanan (pada ComboBox) dari Code form akan ditampilkan seluruh event yang dapat anda atur dengan kode program yang diinginkan, seperti contoh gambar berikut ini:
Event

Misalkan jika sebuah object Form di klik atau anda pilih method Click, maka muncul kode program berupa procedure seperti berikut ini:

Private Sub Form_Click()
      'Kode program untuk Event Form Click
End Sub

Ada event-event dari beberapa object control (control umum/general) yang sama dengan fungsi yang sama pula; event-event tersebut akan dibahas pada Tutorial 12 tentang "Event General dan Method Penting VB6".

Method

Adalah aksi atau metode yang dapat dilakukan oleh sebuah object, misalkan pada object control ComboBox terdapat event Clear, AddItem, RemoveItem, SetFocus dll; jika sebuah control ComboBox diberikan method AddItem berarti akan menambahkan sebuah object berupa data text berikut nomor index nya. Cara penulisan method menambahkan tanda titik (.) setelah menyebutkan object tersebut. Jika anda ingin mengenali Method apa saja yang ada dalam sebuah object, anda bisa lakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu, dengan Code Declare, maka anda bisa lakukan dengan cara seperti berikut ini:
  • Masuk ke Code design, dengan cara dobel klik form atau object yang lain.
  • Ketik salah satu nama object, kemudian ketik titik (.) maka akan tertampil property atau method dari object tersebut yang dapat anda pilih.
  • Icon Property menandakan sebuah property.
  • Icon Method menandakan sebuah method.
  • sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini:
    Object

Karena method dalam sebuah object sangat beragam dengan masing-masing fungsi yang berbeda-beda dari setiap object, tetapi ada beberapa method yang secara umum berfungsi sama antara object satu dengan yang lain, maka untuk method-method apa saja dalam setiap object akan dibahas tersendiri setiap pembahasan detail tentang sebuah object. Ada beberapa method penting yang harus anda kenali terlebih dahulu, yang akan dibahas pada Tutorial 12 tentang "Event General dan Method Penting VB6".

TIP
Karena banyak sekali method atau event dalam object yang akan anda gunakan dalam kode program, maka pelajari terlebih dahulu secara mendalam method atau event yang sangat diperlukan dalam setiap object.
Previous
Next Post »